Pantai Tanjung Raya Penagan Jadi Salah Satu Titik Lokasi Rukyatul Hilal Ramadan 1445 H

MENDO BARAT - Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) Sudarman yang hadir mewakili Pj Gubernur Safrizal ZA bersama Plt Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama Babel Firmantasi melakukan pemantahuan Hilal 1 Syawal 1445 Hijriah, pada Selasa (9/04/2024).

Pemantauan hilal ini dilakukan di Pantai Tanjung Raya, Desa Penagan, Kabupaten Bangka yang dihadiri juga oleh beberapa organisasi masyarakat islam, akademisi, mahasiswa, serta insan media.

Dikatakan Kadis Kominfo Sudarman bahwa kegiatan ini sangat penting untuk mendapatkan keakuratan posisi hilal sebagai bahan penentuan akhir Ramadan dan awal bulan Syawal. 

"Sehingga masyarakat segera memperoleh informasi untuk melaksanakan kegiatan Hari Raya Idul Fitri sebagai tanda berakhirnya puasa Ramadan," ungkapnya.

Tentunya ia berharap kepada masyarakat agar tidak mempermasalahkan metode penentuan akhir Ramadan atau awal bulan Syawal, karena baginya kedua metode rukyat maupun hisab sudah sesuai dengan Alquran dan Hadis. 

Lebih lanjut, ia juga mengajak masyarakat Babel untuk melaksanakan salat Idul Fitri 1445 H di halaman kantor Gubernur Babel, serta mempersilahkan masyarakat untuk bersilaturahmi ke kediaman dinas Pj Gubernur Safrizal yang menggelar open house Idul Fitri. Untuk sesi pertama, pukul 08.30-12.00 WIB, dan sesi kedua pukul 13.00-16.00 WIB.

"Semoga tahun ini kita memperoleh balasan atas semua ibadah di Bulan Suci Ramadan," harapnya.

Sementara itu, menurut Plt Kepala Kanwil Kementerian Agama Babel Firmantasi bahwa pemantauan hilal awal Syawal 1445 H dilakukan di 120 lokasi se-Indonesia.

"Salah satunya di Desa Penagan ini. Titik pengamatan ini sudah sering dilakukan karena lokasinya lebih strategis," tuturnya.

Dari hasil pemantauan, meskipun keberadaan hilal belum terlihat di Pantai Tanjung Raya, Desa Penagan. Namun dibeberapa titik dari 120 lokasi, hilal sudah terlihat di atas 4 derajat, dan menurut perhitungan hisab sistim Ephemeris dengan markaz Pantai Tanjung Kalian Muntok yang dirilis Ahmad Fadholi posisi hilal 5○10`46,3`` (sebelah utara matahari) pada hari selasa 09 April 2024 pukul 01:23:10.29. 

Sehingga dapat dipastikan awal 1 Syawal 1445 H, jatuh pada hari Rabu tanggal 10 April 2024. 

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Diskominfo Babel
Fotografer: 
Diskominfo Babel
Editor: 
Budi