Safari Ramadan, Pj Gubernur Serahkan 1500 Al-Quran dan Santunan 50 Anak Yatim Piatu

SUNGAILIAT - Setelah melaksanakan Safari Ramadan di Pulau Belitung, kali ini kegiatan rutin yang dilakukan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Kepuluan Bangka Belitung (Kep. Babel) Safrizal ZA, beranjak ke Sungailiat, Kabupaten Bangka. 

Kegiatan yang disambut baik oleh Pj. Bupati Bangka M. Haris AR tersebut, diawali dengan mendengarkan tausiah, Salat Maghrib, Salat Isya, Tarawih serta Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim Piatu, dengan tema “Tebarkan Kebahagiaan dengan Silaturahmi Meraih Berkah Ramadan”, bertempat di Rumah Dinas Bupati Bangka, Sabtu (30/3/24).

Diketahui, 1500 Al-Quran diserahkan kepada dua pondok pesantren yang ada di Kabupaten Bangka, di antaranya: Pondok Pesantren Islamic Centre Sungailiat dan Pondok Pesantren Anwarul Cholil Rambak. Juga, pemberian secara simbolis santunan kepada anak yatim piatu, sebanyak 50 anak.

Pj. Gubernur berharap, pemberian santunan dan wakaf Al-Quran tersebut, dapat bermanfaat untuk penerimanya, serta dapat menjadi berkah dan salah satu hal dalam menyucikan hati.

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Kep. Babel tersebut mengatakan bahwa kegiatan safari ramadan ini ada dua lapisan yang dituju, yakni masjid-masjid dan rumah dari pejabat wali kota/bupati.

“Jadi, di Safari Ramadan ini, ada dua lapis yang dituju. Pertama masjid-masjid, kedua rumah-rumah, dalam hal ini rumah wali kota/bupati. Kalau di masjid, tujuannya biar bisa bertemu langsung dengan tokoh agama di daerah yang didatangi dan masyarakat setempat,” katanya.

Sedangkan, mengapa dipilih untuk safari ramadan di rumah kepala daerah, tujuannya ialah supaya rumah yg didatangi tersebut sejuk dan dingin karena adanya lantunan ayat suci Al-Quran, serta dakwah dari pemuka agama. Insya Allah kepala daerahnya dalam keadaan sejuk dan dingin, maka kebijakannya yang diambil pun bisa dengan pertimbangan yang cukup mendalam, dan penuh dengan keberkahan.

Selanjutnya, Safrizal berpesan, untuk menjalankan “Ikhsan” atau berbuat yang terbaik kepada Allah SWT dan sesama manusia. 

“Beribadahlah sesempurna-sempurnanya, seolah-olah kamu melihat Allah SWT. Kalaupun kamu tidak melihat Allah SWT, tetapi  percayalah bahwa Allah SWT melihat kita,” pesan Pj Gubernur.

Sumber: 
Dinas Kominfo
Penulis: 
Intan Pitaloka
Fotografer: 
Deo
Editor: 
Irnawati